Yuk Kenali 5 Penyebab Bayi Sering Muntah! No. 3 Wajib Anda Ketahui!


Perasaan panik dan khawatir seringkali muncul ketika sang buah hati muntah, terlebih jika baru pertama kali merawat bayi. Bagi yang awam, perasaan tersebut memang kerap terjadi, namun seiring berjalannya waktu ditambah dengan informasi yang didapatkan, anda akan terbiasa dan tidak perlu merasa cemas berlebihan. Untuk mencegah terjadinya bayi sering muntah  atau gumoh, bisa dengan cara mengenali sejak dini apa saja penyebabnya. Berikut 5 sebab bayi muntah yang perlu anda ketahui!

Bayi

1.       Perhatikan Posisi Menyusui Yang benar

Ada bermacam posisi menyusui yang bisa ibu lakukan, seperti posisi duduk dan juga berbaring. Namun, biasanya setiap orang memiliki posisi cara menggendong bayi dan menyusui favorit atau yang dirasa paling nyaman oleh si ibu. Perlu bunda ketahui bahwa posisi favorit menyusui bunda belum tentu benar atau aman bagi bayi, jadi perhatikan betul hal ini. Ketahui bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar agar bayi tidak sering mengalami muntah.

2.       Pemberian Susu Yang Melebihi Kapasitas Lambung

Penyebab bayi sering muntah lainnya yang sering tidak disadari oleh para orang tua adalah memberikan air susu terlalu banyak melebihi daya tampung lambung bayi. Seorang bayi yang baru lahir, sebagian organnya masih belum berfungsi secara sempurna termasuk lambung dan usus, untuk itu pemberian air susu sebaiknya dilakukan secara bertahap. Lebih baik jika diberikan dalam kadar sedikit demi sedikit namun dalam intensitas yang sering. Beri jeda setelah bayi kenyang untuk pemberian air susu selanjutnya.

3.       Organ Pencernaan Belum Sempurna

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagian organ tubuh pada bayi memang belum sepenuhnya bekerja dengan baik dan sempurna layaknya pada orang dewasa. Perlu proses dan waktu untuk setiap organ tubuh dapat berfungsi maksimal. Untuk lambung bayi, umumnya dapat berfungsi dan mencerna makanan halus seperti bubur pada usia 6 bulan. Oleh karena itu, banyak yang mengajurkan untuk memberikan ASI atau susu formula saja pada bayi usia 0-6 bulan.

4.       Bayi Tidak Disendawakan

Apabila bayi sering mengalami gumoh, cobalah untuk membuatnya bersendawa terlebih dahulu sesaat setelah ia minum susu atau sudah kenyang. Cara membuat bayi bersendawa ialah dengan membuat posisi tubuhnya sedikit tegak guna menurunkan air susu yangs udah diminum masuk ke dalam lambung. Selain itu, dengan bersendawa, gas yang ada dalam perut bayi dapat keluar sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya muntah.

5.       Lubang Dot Terlalu Kecil/Besar

Bagi yang menggunakan dot sebagai media menyusui bayi, perhatikan lubang dot yang anda gunakan. Tidak disarankan menggunakan dot dengan lubang yang terlalu kecil karena dapat berakibat masukknya udara ke dalam perut bayi, begitu pula jika lubang dot terlalu besar, hal ini juga tidak baik karena dapat membuat aliran air susu yang keluar terlalu banyak dan cepat sehingga dapat membuat bayi tersedak. Pilih dot dengan lubang yang sedang agar tetap aman digunakan untuk buah hati anda.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *