Ragam Bahan yang Biasa Digunakan Jasa Kitchen Set Murah yang Bagus


Memilih jasa kitchen set murah untuk memperindah dapur Anda memang bukan perkara yang sulit. Banyak penyedia jasa desain kitchen set yang bisa Anda temukan. Baik itu secara daring maupun secara luring. Meski begitu, tidak bisa dipandang mudah juga. Anda harus benar-benar memilihnya secara teliti agar mendapatkan yang terbaik.

Kitchen Set

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan pada kitchen set Anda adalah bahan yang digunakan. Kitchen set murah tetap harus terbuat dari bahan yang terbaik agar kitchen set tersebut bisa tahan lama. Lalu, apa saja bahan dari kitchen set yang biasa digunakan jasa desain kitchen set untuk dapur Anda?

  1. Kayu Solid

Bahan pertama yang biasanya digunakan dalam pembuatan kitchen set adalah kayu solid. Kayu ini adalah bahan material yang paling kuat dan memiliki keindahan motif yang alami. Motif inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggunanya. Kayu jati, sungkai, nyantoh, mapple dan jati Belanda adalah contoh kayu jenis ini.

Kayu sungkai adalah jenis kayu yang memiliki warna terang dengan alur urat yang beraturan. Sedangkan untuk kayu mapple, memiliki tampilan tidak berserat. Kayu nyantoh memiliki urat yang terlihat kasar dan warnanya pun kemerahan. Sayangnya, harga dari bahan yang ini cukup mahal dan biasanya hanya digunakan untuk kerangka kitchen set saja.

  1. Multipleks

Lalu ada multipleks atau sering disebut dengan plywood. Material ini adalah jenis kayu olahan yang umum digunakan. Masalah kekuatan, Anda tak perlu meragukannya. Meski begitu, harganya juga jauh lebih terjangkau dibanding kayu solid. Mulitipleks ini adalah kayu tipis yang ditumpuk dan direkatkankan dengan ketebalan tertentu.

Kayu yang digunakan pun biasanya berbeda-beda jenis. Namun, bahan yang satu ini memiliki kekurangan yakni ukurannya presisi dan lapisan vinirnya lebih mudah terkelupas. Permukaannya juga tidak rata 100%. Bahan yang satu ini juga lebih rentan melengkung serta retak bila menahan beban yang terlalu berat.

  1. Blockboard

Bahan lain yang biasanya digunakan jasa kitchen set murah adalah blockboard yang merupakan bahan berbentuk mirip multipleks yang memiliki ketebalan tengah antara 20 hingga 30 mm. Kayu ini juga sama dengan multipleks yang terbuat dari lapisan kayu tipis yang disusun dan direkatkan.

  1. Medium Density Fiberboard

Berikutnya ada Medium Density Fiberboard atau MDF yang merupakan bahan yang terbuat dari bubur kayu yang dicampur perekat lalu dipres hingga padat dan menyerupai papan. Bahan yang satu ini adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan produsen kitchen set. Apalagi untuk kitchen set yang murah.

Sebab, harga bahan ini murah dan memiliki tingkat presisi yang tinggi. Permukaan dari bahan ini sangat halus dan rata dan ketebalannya pun sempurna. Kekurangannya adalah bahan ini sifatnya elastis. Bila dibebankan beban yang berat, ia akan turun. Selain itu, bahan ini juga tak tahan bila terkena air.

  1. Particle Board

Terakhir adalah Particle Board yang mirip dengan MDF. Bedanya, bahan ini terbuat dari serbuk kayu yang diberi perekat dan dijadikan seperti papan. Bobot dari bahan ini sangat ringan dan harganya juga sangat murah bila dibandingkan bahan yang lain. Kekurangannya adalah tidak kuat untuk dipaku dan mudah rusak bila terkena air.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa saja bahan yang digunakan jasa kitchen set murah dalam membangun kitchen set yang bagus, kan? Saat Anda memilih jasa desain kitchen set, Anda bisa memilih bahan yang digunakan sehingga bisa menghasilkan kitchen set terbaik. Anda pilih yang mana?

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *